Tujuan

  1. Mengupayakan pengakuan lulusan administrasi rumah sakit sebagai Tenaga Kesehatan di Indonesia dengan cara melakukan usulan ilmiah kepada pihak Kemenkes RI melalui PPSDM, DPR RI, dan Kemristekdikti.
  2. Mengakomodir semua penyelenggara perguruan tinggi administrasi rumah sakit yang sah sekaligus membantu peningkatan kualitas pendidikan prodi administrasi rumah sakit.
  3. Melakukan koordinasi dengan penyelenggara program studi administrasi rumah sakit dalam hal penyeragaman kurikulum inti dan peningkatan kualitas pendidikan.
  4. Melakukan elaborasi kurikulum inti program studi administrasi rumah sakit di semua jenjang yang sesuai dengan SKKNI (Standar Kerja Kualifikasi Nasional Indonesia).
  5. Meningkatnya kompetensi lulusan administrasi rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit atau lembaga kesehatan.

Sasaran

  1. Melakukan audiensi, kajian ilmiah, dan paparan kepada seluruh stake holder mengenai pentingnya lulusan administrasi rumah sakit sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit atau lembaga kesehatan.
  2. Melakukan sosialiasi kepada perguruan tinggi penyelenggara, mahasiswa, dan lulusan administrasi rumah sakit sehingga ada kesamaan visi dan misi pentingnya kualitas pendidikan administrasi rumah sakit.
  3. Melakukan koordinasi dengan penyelenggara program studi administrasi rumah sakit, dekan, ketua jurusan atau ketua program studi dalam hal penyeragaman kurikulum inti baik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) semua mata kuliah ini di lingkungan perguruan tinggi sesuai jenjang pendidikan.
  4. Mengadopsi kebutuhan keterampilan yang dibutuhkan di rumah sakit atau lembaga kesehatan dalam peningkatan mutu lulusan administrasi rumah sakit yang sesuai dengan SKKNI (Standar Kerja Kualifikasi Nasional Indonesia).
  5. Memberikan arah dan kebijakan mengenai kompetensi lulusan administrasi rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit atau lembaga kesehatan.
  6. Melakukan kerjasama dengan semua stake holder baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kualitas program studi administrasi rumah sakit.